Jumat, 04 Januari 2013

Tips Mencegah Kanker Payudara


Banyak faktor yang menjadi penyebab timbulnya kanker payudara ini. Mulai dari faktor usia, riwayat pribadi, bahkan diet dan kebugaran fisik pun menjadi salah satu faktor yang dapat dikategorikan menjadi penyebab kanker payudara.

Faktor usia merupakan faktor terbesar seorang wanita terkena kanker payudara. Resiko wanita terkena kanker pada usia diatas 60-an lebih besar dibandingkan jika wanita yang berusia 20, 30, dan 40-an. Tetapi hal ini juga tidak memungkiri bahwa wanita yang berusia diatas tersebut dapat terkena kanker payudara. Selain faktor-faktor yang telah disebutkan tadi, ada faktor-faktor yang juga bisa menimbulkan kanker payudara yaitu adalah merokok, implan payudara, aborsi dan sejarah keguguran.

Tapi untuk kaum wanita jangan hanya pasrah menerima takdir saja. Ada beberapa tips yang dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari agar dapat terhindar dari kanker payudara ini.

  • Berolahraga, dengan berolahraga kita dapat membuat badan lebih sehat. Selain itu dengan berolahraga dapat menurunkan resiko terkena kanker payudara sampai separuh persennya. Olahraga yang dilakukan tidak yang berat dan mengharuskan anda pergi ke tempat fitnes. Cukup dengan berjalan kaki saja selama 30 menit, bisa menurunkan resiko sebesar 18%.
  • Menjaga berat badan, oleh peneliti yang berada di American cancer activity, wanita yang mempunyai masalah berat badan sejak usia 18 tahun, lebih besar terkena kanker payudara saat mereka berada di masa-masa menopause. Kelebihan berat badan meningkatkan estrogen yang menyebabkan timbulnya kanker.
  • Banyak menkonsumsi sayuran dan buah-buahan, adanya pigmen karotenoid dapat mencegah timbulnya kanker payudara. Pigmen ini banyak terdapat pada sayuran dan buah-buahan. Wanita yang memiliki pigmen karotenoid yang lebih rendah memungkinkan mereka beresiko terkena kanker payudara dua kali lebih besar. Oleh Karena itu sertakan juga menu sayur dan buah-buahan pada menu keseharian anda. Terutama wortel, bayam, dan semangka.
  • Menyusui, dengan menyusui para wanita dapat menekan timbulnya kadar estrogen yang menjadi penyebab terjadinya kanker payudara. Manfaat menyusui selain dapat menyehatkan bayi juga memperkecil resiko terkena kanker payudara.
  • Tidak merokok, anda semua pasti sudah mengetahui banyak efek atau dampak negative yang ditimbulkan rokok, salah satunya adalah kanker payudara. wanita yang merokok pada usia muda besar kemungkinan dapat terkena kanker ini saat mereka sedang pada masa menopause. Oleh karena itu berhentilah merokok untuk para wanita yang merokok.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar